Pengaruh Pencarian Informasi melalui Facebook Marketplace terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Produk

Liony, Helwen (2022) Pengaruh Pencarian Informasi melalui Facebook Marketplace terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Produk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masa pandemi mempercepat adaptasi penggunaan teknologi informasi pada masyarakat dan menjadikan internet sebagai alternatif solusi untuk tetap dapat menjalankan aktivitas tatap muka seperti bekerja, belajar hingga berbelanja. Melihat tingginya aktivitas belanja online di Indonesia, perusahaan Meta (yang dulu bernama Facebook) menghadirkan fitur Facebook Marketplace pada aplikasinya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pencarian informasi melalui Facebook Marketplace terhadap pemenuhan kebutuhan informasi produk dengan mengaplikasikan landasan teori uses & gratification. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif dan menggunakan metode survei kepada 200 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data. Adapun kriteria sampel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah pengguna Facebook yang pernah mengunjungi Facebook Marketplace untuk mencari informasi dan masuk dalam kategori Generasi Milenial yang berumur 25 ­ 34 tahun (sesuai dengan data usia pengguna terbanyak Facebook). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pencarian informasi yang signifikan dengan persentase 68,8% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi produk dan 31,2% lainnya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini seperti faktor individual dan faktor lingkungan. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif sangat kuat dari kedua variabel dengan nilai 0,829.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pencarian Informasi, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Facebook Marketplace, Teori Uses & Gratification.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:10
Last Modified: 28 Apr 2023 00:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item