Rancang Bangun Mobile Presence System pada Sistem Informasi HR Berbasis ERP(Odoo) Menggunakan Throw Away Prototyping (Studi Kasus: Kompas Gramedia)

Cindy Elsanjaya, Yohana (2022) Rancang Bangun Mobile Presence System pada Sistem Informasi HR Berbasis ERP(Odoo) Menggunakan Throw Away Prototyping (Studi Kasus: Kompas Gramedia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Presensi merupakan metode pencatatan kehadiran karyawan di perusahaan. Presensi penting untuk dilakukan supaya perusahaan dapat melakukan monitoring kehadiran dari setiap karyawannya. Kompas Gramedia mempunyai sistem presensi otomatis menggunakan mesin tapping. Namun, saat terjadi pandemi Covid-19, menyebabkan banyak karyawan yang bekerja dari rumah sehingga, presensi dengan mesin tapping tidak dapat digunakan. Selain itu, Kompas Gramedia juga ingin mengakomodasi karyawan yang bekerja di lapangan langsung, seperti reporter atau wartawan. Oleh karena hal tersebut, maka perlunya Mobile Attendance System, yang dapat digunakan dimana saja melalui ponsel karyawan masing-masing. Presensi tersebut akan menangkap lokasi keberadaan saat melakukan presensi, foto dari kamera, waktu checkin/checkout dan nama karyawan yang sedang login. Pembangunan sistem tersebut menggunakan ERP (Odoo). Modul ini dibangun dengan menggunakan proses throw away prototyping dengan tujuan untuk dapat merancang dan membangun sistem dengan meminimalkan resiko terkait dengan masalah yang akan muncul dan menyeimbangkan fase analisis dan design. Pengujian aplikasi menggunakan Decision Table menunjukkan kesuksesan aplikasi sebesar 100% yang berarti Mobile Attendance System dapat berjalan dengan baik. Kemudian, kelompok Group of Retail and Publishing (GoRP) dan kelompok Corporate Human Resources (CHR) Kompas Gramedia telah mengevaluasi fitur-fitur yang terdapat pada Mobile Attendance System menggunakan Use Questionnaire dan Skala Likert dengan hasil sebesar 88,35% pada kategori Usefulness, 85,55% pada kategori Ease of Use, 82,89% pada kategori Ease of Learning, 86,46% pada kategori Satisfaction, dan 85,98% secara keseluruhan yang dapat disimpulkan jika fitur yang dirancang dan dibangun sangat berguna dalam proses presensi karyawan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Current Location, Enterprise Resource Planning (ERP), Mobile Application, Presence
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:15
Last Modified: 24 Aug 2023 00:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22261

Actions (login required)

View Item View Item