Pemaknaan Alpha Female Mengenai Childfree dalam Pernikahan

Liberta Pranoto, Ainesis (2022) Pemaknaan Alpha Female Mengenai Childfree dalam Pernikahan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isu childfree sedang ramai dibahas di Indonesia dan memunculkan berbagai perdebatan. Ternyata tren ini sedang terjadi di seluruh dunia dengan meningkatnya pilihan untuk childfree. Childfree muncul seiring bertumbuhnya feminisme yang mendukung pilihan my body, my choice dan juga mengarah pada konsep perempuan alpha female. Keputusan untuk childfree ini lebih banyak dilakukan oleh perempuan yang berasal dari lingkungan sosial dan akademis tinggi yang mengarah pada karakteristik seorang alpha female. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemaknaan alpha female tentang childfree dalam pernikahan dan apakah karakternya mempengaruhi keputusan untuk childfree. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi interpretatif atau interpretative phenomenological analysis (IPA) untuk mengeksplorasi pemahaman partisipan mengenai fenomena childfree di antara pasangan yang sudah menikah. Berkaitan dengan hal itu, penelitian ini merupakan penelitian dengan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan teknik analisis data Smith, Flowers, dan Larkin (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter alpha female yang terbuka mempengaruhi pilihan mereka untuk tidak memiliki anak dalam pernikahan. Pilihan untuk childfree dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal, dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Budaya patriarki dan agama di Indonesia membuat pilihan untuk childfree dianggap tabu sehingga pasangan yang memilihnya mendapatkan tekanan sosial dari orang di sekelilingnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: alpha female, childfree, feminisme
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:18
Last Modified: 27 Apr 2023 07:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22300

Actions (login required)

View Item View Item