Siniar E-Sports Vaganza: Ancaman Kesehatan Bagi Atlet E-Sports di Indonesia

Tamzidillah, Muhammad Zukhruf (2022) Siniar E-Sports Vaganza: Ancaman Kesehatan Bagi Atlet E-Sports di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pemberitaan olahraga, khususnya e-Sports mulai dilirik khalayak di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari keikutsertaan tim e-Sports Indonesia di ajang SEA Games 2019 serta dijadikannya olahraga elektronik ini cabang olahraga prestasi di Indonesia. Dalam e-Sports, ada beberapa turnamen yang merebut titel bergengsi dan hadiah uang. Dari turnamen tersebut, atlet e-Sports diharuskan untuk berlatih keras agar mendapatkan hadiah uang dan titel bergengsi tersebut. Namun, terlalu besarnya antusias atlet e-Sports terhadap turnamen tersebut menimbulkan beberapa masalah yang serius. Waktu latihan yang bisa lebih dari 12 jam menimbulkan masalah-masalah kesehatan, seperti kecanduan, kerusakan pada mata, kegemukan, dan lain sebagainya. Dampak dari waktu latihan yang lama terlihat dari beberapa atlet e-Sports di luar negeri yang terpaksa harus pensiun dini di umur masih sangat muda karena masalah kesehatan. Di Indonesia, penulis hanya menemukan sedikit kasus tentang kesehatan pemain yang tidak baik akibat waktu latihan yang lama, padahal ancaman kesehatannya cukup berbahaya. Keanehan ini membuat penulis ingin mencari lebih dalam tentang ancaman kesehatan terhadap atlet e-Sports, khususnya atlet e-Sports di Indonesia. Penulis hendak memproduksi sebuah karya jurnalistik berbasis audio podcast yang membahas waktu latihan lama berdampak kepada kesehatan atlet e-Sports. Karya ini mengundang narasumber yang ahli dari berbagai bidangnya, yaitu atlet e-Sports, dokter spesialis mata, dan dokter spesialis saraf. Karya podcast atau siniar ini berdurasi 90 menit (1 episode) yang dibagi menjadi tiga part atau bagian. Karya tersebut diproduksi menjadi siniar dengan judul kanal E-Sports Vaganza dan berkelompok dengan Albert Tanuwijaya. Dengan judul E-Sports Vaganza, siniar ini diharapkan dapat membuka wawasan baru mengenai e-Sports terlepas dari segala hal yang terjadi di depan kamera. Siniar E-Sports Vaganza ini masuk ke klaster Programming-Based Project.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: e-sports, kesehatan, atlet e-Sports, waktu latihan, siniar Kluster Karya: programming-based project
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:23
Last Modified: 21 Jun 2023 00:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22351

Actions (login required)

View Item View Item