Rancang Bangun Sistem Continuous Integration Pipeline Menggunakan Jenkins di PT. Emporia Digital Raya

Alexander, Alexander (2022) Rancang Bangun Sistem Continuous Integration Pipeline Menggunakan Jenkins di PT. Emporia Digital Raya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi menyebabkan pengembangan aplikasi perangkat lunak mengalami lonjakan yang cukup pesat dimana demand dari aplikasi semakin meningkat, suatu perusahaan teknologi dapat mengembangkan maupun melakukan update pada aplikasi yang sudah selesai dirancang. Proses perancangan aplikasi memakan waktu yang cukup lama diakibatkan dari langkah yang juga panjang, salah satu proses dari perancangan yang memakan waktu panjang adalah build dan deployment dari aplikasi tersebut agar dapat dinikmati oleh dunia internet. Oleh sebab dari permasalahaan yang muncul, penelitian ini dilakukan untuk merancang suatu sistem yang dapat mengotomasi setiap proses build dan deployment agar tidak lagi dilakukan secara manual oleh campur tangan manusia yang dapat meningkatkan resiko pada server mulai dari downtime hingga aplikasi yang tidak bisa diakses karena kesalahan tangan manusia. Metode RAD atau Rapid Application Development digunakan pada penelitian ini agar proses perancangan sistem dapat berjalan dengan singkat dan tepat waktu. DevOps Engineer membantu dalam Proses implementasi Continuous Integration yang diharapkan dapat mempersingkat waktu dari seluruh SDLC (Software Development Life Cycle) menggunakan tools open source yang bernama Jenkins, agar proses development aplikasi dapat berjalan dengan cepat dan tepat pada waktu yang sudah diberikan untuk dinikmati oleh seluruh pengguna internet.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Continuous Integration, DevOps Engineer, Jenkins, Rapid Application Development, SDLC.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:00
Last Modified: 04 Jul 2023 07:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22470

Actions (login required)

View Item View Item