Rancang Bangun Game Horror VR dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Cellular Automata

Dzulfiqar Ramadhan Wibawanto, M (2022) Rancang Bangun Game Horror VR dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Cellular Automata. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan video game sangatlah pesat menurut data yang didapatkan oleh ESA pada tahun 2021 sekitar 226 juta orang di amerika memainkan video game dan di indonesia sendiri sebanyak 105 juta orang memainkan video game dan jumlah ini akan terus bertambah banyak, diramalakan pada tahun 2025 pemain video game di indonesia akan mencapai 127 juta orang, hal ini menyebabkan kebutuhan akan kon- ten game terus meningkat sedangkan untuk membuat konten game bukan lah suatu hal yang murah salah satu cara untuk mengurangi biaya dalam membuat konten di dalam game adalah dengan mengimplementasikan procedural content genera- tion, procedural content generation adalah salah satu cara membuat konten game secara otomatis dengan menggunakan suatu algoritma. Penelitian ini bertujuan un- tuk merancang dan membangun game horror virtual reality dengan menggunakan algoritma cellular automata, algoritma cellular automata pada penelitian ini digu- nakan untuk pembuatan map, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk men- gukur tingkat kepuasan pemain terhadap game yang telah dibuat. Game dibuat menggunakan game engine Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Setelah game telah berhasil dibangun akan dilakukan pengukuran tingkat kepuasan melalui kue- sioner menggunakan GUESS-18, berdasarkan pengujian yang telah dilakukan de- ngan GUESS-18 didapatkan hasil nilai 77.1 persen yang dapat disimpulkan tingkat kepuasan pemain masuk kedalam predikat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cellular Automata, Game Horror, Game User Experience Satisfaction Scale, Procedural Content Generation
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:04
Last Modified: 22 Aug 2023 04:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item