Titik Nadir: Benturan Peradaban Perempuan Tengger

Nur Fadilla, Shifa (2022) Titik Nadir: Benturan Peradaban Perempuan Tengger. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keberagaman. Keberagaman yang ada di Indonesia diantaranya adalah keberagaman budaya, suku, ras, bahasa, hingga agama dan kepercayaan. Suku Tengger merupakan salah satu suku di Indonesia yang hidup di kawasan lereng gunung Bromo dan Semeru yang terdapat di empat kabupaten Jawa Timur yaitu Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang dan Probolinggo. Suku Tengger menjadi suku yang masih mempercayai keberadaan roh nenek moyang yang melakukan berbagai ritual atau upacara adat. Lokasi Gunung Bromo dan Semeru telah menjadi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang banyak menarik minat wisatan. Wisatawan yang berdatangan berasal dari berbagai kota di Indonesia memiliki kehidupan jauh lebih modern dibandingkan dengan masyarakat Suku Tengger. Hal tersebut membuat semakin besarnya peluang terjadi modernisasi di daerah Suku Tengger. Tujuan dalam membuat karya ini adalah untuk untuk mengetahui dampak modernisasi dan banyaknya wisatawan terhadap kehidupan masyarakat Suku Tengger khususnya bagi kaum perempuan dalam menjaga tradisi serta mengetahui dampak perubahan alam sekitarnya. Selain itu juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terutama yang berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terhadap kehidupan dan lingkungan hidup Suku Tengger. Sehingga karya dokumenter ini dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat mengenai budaya local khususnya Suku Tengger serta memberi kesadaran masyarakat untuk menjaga kawasan lingkungan hidup masyarakat Suku Tengger serta alam sekitar di TNBTS. Penelitian berbasis karya dalam bentuk video dokumenter ini menggunakan jenis dokumenter gabungan antara expository dan observasional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dokumenter, Perempuan, Suku Tengger, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.18 Documentary Films, Educational Films
300 Social Sciences > 320 Political science > 323 Civil and political rights
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:12
Last Modified: 19 Jun 2023 01:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item View Item