Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Total Aset Turnover terhadap Financial Distress (Studi pada Sub Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2017-2020)

Nur Hakim, Lukman (2022) Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Total Aset Turnover terhadap Financial Distress (Studi pada Sub Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2017-2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Likuiditas yang diproksikan menggunakan Current Ratio, Leverage yang diproksikan menggunakan Debt to Asset Ratio, Ukuran Perusahaan yang diproksikan menggunakan logaritma total asset, dan Total Asset Turnover yang diproksikan menggunakan Asset Turnover terhadap Financial Distress yang diukur menggunakan Atman Z-score pada perusahaan sub sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2020. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder dianalisa dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Dalam penelitian ini, ditemukan sampel sebanyak 9 perusahaan sektor aneka industri yang secara berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2020 yang dilaporkan mulai dari 1 Januari dan di akhiri 31 Desember, laporan keuangan telah diaudit oleh auditor independen, disajikan dalam mata uang rupiah dan memiliki nilai Z-score secara berturut-turut kurang dari 1,81. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress, (2) leverage yang diproksikan dengan debt asset ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress, (3) ukuran perusahaan yang diproksikan dengan logaritma natural total aset berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress, (4) total asset turnover yang diproksikan dengan Asset Turnover berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress yang diproksikan dengan Z-score.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: financial distress, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, total asset Turnover
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.15 Financial Management
600 Technology (Applied Sciences) > 680 Manufacture for Specific Uses
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:27
Last Modified: 22 May 2023 05:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22817

Actions (login required)

View Item View Item