Strategi Komunikasi Polda Metro Jaya dalam Kasus Ujaran Kebencian Mengenai Vaksinasi COVID-19 di Media Sosial

Pratama, Samuel Agung (2022) Strategi Komunikasi Polda Metro Jaya dalam Kasus Ujaran Kebencian Mengenai Vaksinasi COVID-19 di Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena ujaran kebencian di media sosial mengenai vaksinasi COVID-19, dinilai menjadi salah satu penyebab adanya kelompok masyarakat yang menolak divaksin. Kasus ujaran kebencian ini seakan mencoba berlindung di balik kebebasan berpendapat sebagai wujud dari negara demokrasi. Berdasarkan kondisi tersebut, pemerintah melalui instansi kepolisian membutuhkan strategi komunikasi dalam permasalahan ujaran kebencian mengenai vaksinasi COVID-19, khususnya dalam ruang lingkup media sosial. Penelitian dilakukan dengan mengangkat judul Strategi Komunikasi Polda Metro Jaya dalam Kasus Ujaran Kebencian Mengenai Vaksinasi COVID-19 di Media Sosial ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Peneliti juga menggunakan Teori Konvergensi Simbolik untuk melihat bagaimana terjadinya proses berbagi ujaran kebencian di media sosial dengan paradigma Postpositivisme. Hasil penelitian menemukan bahwa kasus ujaran kebencian sudah terjadi dari sejak awal program sosialisasi vaksinasi COVID-19 dilakukan. Dalam kasus ujaran kebencian mengenai vaksinasi COVID- 19 di media sosial, pihak kepolisian memiliki berbagai strategi komunikasi untuk meminimalisasi berkembangnya permasalahan tersebut. Strategi dasar yang dilakukan kepolisian ini di antaranya adalah aksi sosialiasi mengenai program vaksin, melakukan kontra narasi terhadap pemberitaan negatif mengenai vaksin, dan upaya penegakan hukum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi komunikasi yang dilakukan kepolisian Polda Metro Jaya masih memiliki beberapa kendala yang menghambat kesuksesan penanganan kasus ujaran kebencian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COVID-19, Kepolisian, Media Sosial, Ujaran Kebencian.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Jul 2022 09:26
Last Modified: 02 May 2023 01:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22863

Actions (login required)

View Item View Item