Perancangan Media Promosi Batik Betawi Rumah Keluarga Batik Betawi

Citara, Gisca Agustia (2014) Perancangan Media Promosi Batik Betawi Rumah Keluarga Batik Betawi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (799kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (683kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (584kB) | Preview

Abstract

Sejak UNESCO mengakui Batik kedalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity), beberapa daerah di Indonesia mulai bangkit untuk menghasilkan Batik khas daerah mereka, termasuk Jakarta. Rumah Keluarga Batik Betawi berdiri sejak tahun 2012, menghasilkan berbagai corak Batik Betawi dari berbagai aspek dan ciri khas budaya Betawi dan Jakarta, namun popularitas Batik Betawi pada masyarakat Jakarta tidak berjalan dengan baik, ditengah-tengah persaingan dengan Batik dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya promosi yang memiliki strategi visual, media, dan komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan Batik Betawi. Untuk menentukan media promosi yang sesuai dengan target, penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif untuk memperdalam permasalahan. Strategi komunikasi yang digunakan dalam promosi ialah advertising, yang digunakan sebagai cara untuk memberikan informasi, membujuk serta mengingatkan kembali mengenai Batik Betawi RKBB pada masyarakat pekerja di Jakarta. Visualisasi media promosi Batik Betawi berupa fotografi, elemen visual, dan slogan yang disesuaikan oleh target promosi. Strategi media yang digunakan ialah out of home media, majalah, dan promotional product marketing. Hasil dari media promosi ini diharapkan dapat memberikan citra positif dan menginformasikan corak Batik Betawi kepada masyarakat Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 708 Galleries, museums, private collections of fine and decorative arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Aug 2017 09:01
Last Modified: 18 May 2022 03:20
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item