UMN Knowledge Center

Indeks kredibilitas media online populer di indonesia berdasarkan persepsi audiens: studi deskriptif tentang generasi digital natives menilai kredibilitas media pada lima portal berita online terpopuler di indonesia

Latief, Nadia (2015) Indeks kredibilitas media online populer di indonesia berdasarkan persepsi audiens: studi deskriptif tentang generasi digital natives menilai kredibilitas media pada lima portal berita online terpopuler di indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beredarnya isu tentang kurangnya kredibilitas pemberitaan di media online saat ini terjadi karena masyarakat membutuhkan kecepatan dalam pemberitaan di media online, sehingga jurnalis online berasumsi bahwa kecepatan berita merupakan hal yang penting dalam media online. Kecepatan dalam penulisan dan publikasi berita seringkali mengorbankan akurasi berita itu sendiri sehingga kualitas dan kredibilitas berita menjadi terabaikan. Kredibilitas dalam sebuah berita dinilai penting karena kredibilitas bisa menjadi poin utama agar masyarakat dapat mempercayai sebuah media karena keabsahan berita yang disajikan. Seperti teori Hovland, Janis, dan Kelly yang digunakan dalam penelitian ini, yakni penerima pesan atau informasi lebih mungkin untuk diyakinkan ketika sumber yang digunakan adalah sumber yang kredibel. Maka dari itu kredibilitas sangat penting agar masyarakat dapat mempercayai informasi yang benar. Melalui penelitian ini, masyarakat generasi digital natives sebagai audiens menilai faktor apa saja yang menentukan tinggi atau rendahnya kredibilitas lima media populer di Indonesia menurut data dari Alexa.com, yaitu Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com, Tribunnews.com, dan Merdeka.com. Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan lima dimensi dari Flanagin dan Metzger yaitu believability, accuracy, trustworthiness, bias, dan completeness. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data penilaian generasi digital natives tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik survei kepada 100 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah dimensi trustworthiness dan completeness merupakan faktor-faktor penting yang menentukan kredibilitas sebuah media dan secara keseluruhan Kompas.com merupakan media yang paling kredibel di antara kelima media tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc. > PN4840 Online Journalism
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 03 Jul 2017 02:19
Last Modified: 27 Sep 2017 07:33
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item