UMN Knowledge Center

Interaktivitas media baru: studi kasus pada tempo.co

Christie, Ananda (2017) Interaktivitas media baru: studi kasus pada tempo.co. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (850kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi memberikan pengaruh terhadap penurunan jumlah pembaca media cetak. Teknologi yang bervariasi dan kemudahaan mengakses internet membuat pergeseran pola konsumsi dari media konvensional ke media daring. Perusahaan media pun dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital agar mampu bertahan dalam persaingan pasar media. Media baru menuntut adanya intergrasi konten dan interaktivitas dengan pengguna, di mana hal tersebut merupakan topik penting yang membedakan media analog (linear) dan media baru (media digital). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana Tempo.co membangun interaktivitas media baru. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Media Baru, Computer-Mediated Communication, Jurnalisme Online, dan Interaktivitas Media Baru versi McMillan dan Hwang (2002). ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengadaptasi model studi kasus instrumental Stake. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan Elik Susanto (Redaktur Eksekutif Tempo.co), Wahyu Dhyatmika (Redaktur Pelaksana Pusat Peliputan Tempo), Yosep Suprayogi (Kepala Pengembangan Produk Digital Tempo.co), dan Handy Dharmawan (Kepala Mobile dan Web Developer Tempo.co); observasi langsung; dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan Tempo.co masih terus membangun dan mengembangkan interaktivitas media baru sesuai dengan karakteristik Tempo.co. Terdapat hambatan dalam membangun interaktivitas media baru pada Tempo.co dikarenakan faktor budaya kerja media cetak yang masih mengakar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050-4775 Information in specific formats or media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:01
Last Modified: 11 Oct 2017 02:01
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/2600

Actions (login required)

View Item View Item