UMN Knowledge Center

Pengaruh recruitment sources dan job seeker’s perception terhadap job seeker’s intention to pursue the job di kompas gramedia group

Budiman, Tommy (2016) Pengaruh recruitment sources dan job seeker’s perception terhadap job seeker’s intention to pursue the job di kompas gramedia group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Tommy Budiman 12130110049 (Skripsi).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Job seeker’s intention to pursue the job merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam rangka menarik minat seorang pelamar kerja. Adanya keinginan seorang karyawan untuk mengejar suatu pekerjaan (job seeker’s intention to pursue the job) diduga dipengaruhi oleh mudahnya seorang pelamar kerja mendapatkan informasi lapangan pekerjaan dari berbagai media yang ada (recruitment sources). Selain itu, persepsi seorang pelamar kerja (job seeker’s perception) terhadap sebuah perusahaan juga diduga turut mempengaruhi keputusan dalam mengejar pekerjaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh recruitment sources dan job seeker’s perception terhadap job seeker’s intention to pursue the job di Kompas Gramedia Group. Pada penelitian ini, penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik non probability sampling terhadap 100 orang responden yang merupakan seorang pelamar kerja yang pernah atau sedang melamar pekerjaan di salah satu anak perusahaan Kompas Gramedia Group, serta berdomisili di daerah Tangerang. Data penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 20. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Model penelitian pada penelitian ini diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Naveed R. Khan, Marinah Awang, Arsalan Mujahid Ghouri (2013) dan Julie Palmer (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa newspaper tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap job seeker’s intention to pursue the job di Kompas Gramedia Group dengan nilai sig. sebesar 0.132 dan nilai thitung < ttabel yaitu sebesar 1.521 < 1.66088. Sementara, Internet dan friends / relatives berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel job seeker’s intention to pursue the job di Kompas Gramedia Group dengan nilai sig. sebesar 0.006 dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2.837 > 1.66088 dan nilai sig. sebesar 0.017 dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2.419 > 1.66088. Selain itu, person – organization fit dan organizational culture berpengaruh positif dan signifikan terhadap job seeker’s intention to pursue the job dengan nilai sig. sebesar 0.003 dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3.071 > 1.66088 dan nilai sig. sebesar 0.000 dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3.902 > 1.66088. Dan berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa recruitment sources (newspaper, internet, dan friends / relatives) serta job seeker’s perception (person – organization fit dan organizational culture) dapat menjelaskan dan mempengaruhi job seekers intention to pursue the job di Kompas Gramedia Group sebesar 46.8%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment management
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Jun 2017 09:36
Last Modified: 14 Jun 2017 09:36
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item