Aktivitas media relations pt. pertamina (persero) periode juli - september

Kurniawan, Timothy Gerald Zoshel (2013) Aktivitas media relations pt. pertamina (persero) periode juli - september. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (967kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (830kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Hal yang melatarbelakangi ketertarikan akan topik aktivitas media relations ini dikarenakan berkembang pesatnya industri yang berkategori High Regulated Company khususnya minyak dan gas di Indonesia. Semakin berkembangnya industri ini, semakin rentan juga risiko-risiko perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Resiko yang tidak dapat diatasi dengan benar baik secara preventif maupun represif akan berujung pada krisis perusahaan. Dalam hal ini, dibutuhkan sebuah fungsi yang dapat menghubungkan perusahaan dengan publik agar tercipta sebuah keseragaman pemahaman. Disinilah peran media relations dalam sebuah fungsi perusahaan sangat penting dalam membina hubungan baik dengan wartawan sampai pada institusi media. Hal ini bertujuan saat perusahaan sangat membutuhkan publisitas dari media saat krisis, media mau melakukannya secara sukarela dan membantu perusahaan menciptakan pemahaman yang benar bagi publik. Tujuan praktik kerja lapangan ini adalah untuk mengetahui strategi dan taktik dari fungsi media relations sebuah perusahaan minyak dan gas yaitu Pertamina, dalam membina hubungan baik dengan media dan wartawan sehingga semua pesan yang disampaikan oleh perusahaan tersalurkan dengan benar kepada publik dan menciptakan keseragaman pemahaman. Adapun aktivitas yang dilakukan dalam fungsi media relations di Pertamina meliputi, media placement, press gathering, press conference, editorial briefing, penyebaran press release, dan press tour. Simpulan dari praktik kerja yang dilakukan di Pertamina adalah Pertamina sudah melakukan strategi dan taktik dengan baik dan benar dalam membina hubungan baik dengan wartawan dan media. Namun, saran yang bisa diberikan untuk fungsi media relations adalah ruang lingkup kerja harus diciptakan lebih harmonis dan kondisi yang bersahabat untuk masing-masing officer dan manager. Kata Kunci : Media relations, Pertamina

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 May 2018 01:36
Last Modified: 26 Jan 2023 00:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item