Penerapan style wayang kulit purwa dalam pembuatan karakter pada film animasi singkat 2d berjudul "zheng he dan paragreg"

Nugroho, Wisnu Adhi (2017) Penerapan style wayang kulit purwa dalam pembuatan karakter pada film animasi singkat 2d berjudul "zheng he dan paragreg". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Visualisasi karakter merupakan satu dari banyak hal penting yang menunjang sebuah animasi. Dengan adanya tokoh atau karakter yang sesuai dengan dengan tema dari animasi tersebut, maka akan terciptalah sebuah animasi yang menarik dan unik. Dalam menciptakan karakter atau tokoh yang akan menjadi bagian penting dari sebuah cerita, maka dalam pengembangan atau penciptaannya harus diiringi dengan tridimensional yang kuat agar tokoh yang tercipta bisa berjalan seiring dengan jalan dan tema dari cerita tersebut. Selain dari tridimensional atribut, kostum, warna, bentuk badan atau tubuh dan sifat juga menentukan apakah karakter itu layak menjadi bagian penting dari sebuah cerita. Dalam kesempatan ini, penulis yang bertugas sebagai pendesain dari karakter akan membahas bagaimana cara dan langkah-langkah yang benar dalam menciptakan karakter yang sesuai dengan tema, cerita dan gaya visual dari animasi 2D singkat yang mengenai Cheng Ho dan perjalanannya di Indonesia dengan mengangkat gaya visual dari wayang kulit purwa bergaya Yogyakarta. Menurut penulis sendiri, sangatlah penting untuk mengetahui unsur-unsur penting dalam mendesain karakter yang sesuai dengan teori yang ada dan bisa mengikuti gaya visual dari wayang kulit sendiri, agar terciptanya karakter bergaya wayang yang modern dan sesuai dengan tema cerita tetapi tidak merusak pakem dari wayang kulit purwa itu sendiri. Untuk menunjang bahan dari penulis sendiri akan melakukan metode kualitatif yang meliputi studi pustaka dari sumber-sumber terkait mengenai desain karakter dan wayang kulit, kemudian juga obserfasi dari media berupa foto ataupun video yang sejalan dengan tema dari animasi ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 776 Computer Art (Digital art)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:24
Last Modified: 06 Feb 2023 08:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item