UMN Knowledge Center

desain user interface dan pengujian usability system untuk meningkatkan tampilan aplikasi mobile jasaku berbasis android

Stefanny, Stefanny (2017) desain user interface dan pengujian usability system untuk meningkatkan tampilan aplikasi mobile jasaku berbasis android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi membuat munculnya berbagai ilmu yang masih terkait didalamnya, salah satu diantaranya yaitu perancangan antarmuka pengguna (User Interface) atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama interaksi manusia dan komputer. Secara garis besar, User Interface bermanfaat sebagai jembatan penghubung atau penterjemah informasi yang dapat dipahami pengguna dan sistem sehingga perangkat yang hendak kita gunakan (baik itu desktop atau smartphone) dapat berjalan dengan semestinya. Dalam melakukan desain User Interface, dibutuhkan keseimbangan antara fungsi teknis dan elemen visualnya sehingga tercipta sebuah sistem yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Task-Centered System Design (TCSD) merupakan metode yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan kebutuhan serta pekerjaan pengguna. Hasil deskripsi ini nantinya akan menjadi dasar dalam merancang antarmuka (UI) yang disertai dengan dukungan metode tambahan seperti observasi atau wawancara dengan pengguna. TCSD sendiri memiliki fokus utama yaitu perancangan konten serta tampilan informasi yang hendak ditunjukkan. Didalam proses terdapat 4 Tahap, yaitu identification, User-Centered Requirements Analysis, design as scenario, dan Evaluate via Task-Centered Walkthroughs. Penggunaan metode System Usability Scale digunakan untuk menghitung nilai Usability sebuah aplikasi. Adapun cara menghitung nilai dari hasil survei yang telah dilakukan yaitu pertanyaan bernomor ganjil = nilai dari evaluator – 1, Untuk pertanyaan bernomor genap = 5 – nilai dari evaluator, total dari hasil diatas dikalikan 2.5 sehingga didapat hasil yang maksimal, yaitu 100. Setelah menerapkan metode SUS pada penghitungan nilai aplikasi Jasaku dan prototip Jasaku, didapatkan hasil dimana prototip Jasaku lebih unggul 7,41% bila dibandingkan dengan aplikasi yang ada saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.6-58.62 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jan 2019 08:47
Last Modified: 24 Jan 2019 08:47
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item