rancang bangun game beat defender menggunakan algoritma fuzzy logic

Halim, Jeremy Evan (2018) rancang bangun game beat defender menggunakan algoritma fuzzy logic. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Suara memiliki peran penting dalam menunjukkan suasana dalam sebuah video game. Namun bagi sebagian banyak orang, unsur suara dalam video game tidak terlalu diperhatikan. Maka dibuatlah game Beat Defender yang menonjolkan unsur suara di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game Beat Defender menggunakan fuzzy logic. Dengan menggunakan fuzzy logic, komponen di dalam permainan ini dapat memiliki kepintaran buatan yang bereaksi dengan suara. Beat Defender adalah video game tiga dimensi yang bergantung pada musik sebagai komponen utamanya. Pemain harus menjaga sebuah benda dari musuh yang mendekat dari segala arah. Pergerakan musuh bergantung kepada kecerdasan buatan dari algoritma fuzzy logic yang bereaksi pada musik yang sedang diputar. Untuk melawan musuh, pemain menggunakan visualisasi audio yang bereaksi dengan masukan suara dari microphone pemain. Bahasa pemrograman yang dipakai dalam pembuatan permainan ini adalah bahasa C#. Proses penelitian dimulai dengan melakukan studi literatur, lalu perancangan, pembuatan, pengujian, penulisan laporan dan konsultasi dengan pembimbing disepanjang penelitian berlangsung. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa rancang bangun game Beat Defender menggunakan algoritma fuzzy logic telah berhasil dilakukan. Hasil evaluasi dari pengujian yang menggunakan HMSAM (Hedonic- Motivation System Adoption Model) menunjukkan tingkat kepuasan permainan ini, yaitu sebesar 62,445% dan masuk pada kriteria interpretasi ‘Agak baik’.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:17
Last Modified: 05 Apr 2023 03:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item