UMN Knowledge Center

Analisis Transformasi Digital Dalam Majalah Remaja Perempuan: Studi Kasus Pada Majalah Gadis

Ladyana, Cintya (2018) Analisis Transformasi Digital Dalam Majalah Remaja Perempuan: Studi Kasus Pada Majalah Gadis. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (35MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (901kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (849kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Kemudahan mengakses internet dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi. Beberapa perusahaan di luar negeri menerapkan transformasi digital agar tetap bertahan. Sementara itu, wacana senjakala media cetak pun mulai ramai dibicarakan. Beberapa media cetak majalah di Indonesia seperti HAI, Kawanku, dan Cosmo Girl Indonesia pun memilih untuk berhenti cetak. Namun, masih ada beberapa majalah remaja perempuan yang masih bertahan, salah satunya adalah majalah GADIS di era digitalisasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi digital yang diterapkan GADIS dalam era digitalisasi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan jenis dan sifat kualitatif deskriptif. Peneltian ini menggunakan paradigma postpositivistik. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumen, dan studi pustaka terkait konsep yang digunakan. Konsep yang digunakan adalah Digital Masters yang digagas oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GADIS melakukan transformasi digital sejak 2010 baik dari segi digital capability dan leadership capability. GADIS memiliki situs web sebagai media daringnya dan beberapa media sosial sebagai sarana memperkaya pengalaman pembacanya. GADIS juga memanfaatkan marketplace untuk menjual majalah cetaknya. Level transformasi digital GADIS berada pada level Fashionistas, di mana digital capability tinggi, tetapi leadership capability rendah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini seperti belum terjalinnya kerja sama bisnis aggregator dan kurangnya tenaga ahli untuk mewujudkan ide digital yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: transformasi digital, majalah remaja perempuan, media GADIS, digital capability, leadership capability.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc. > PN4832-4836 Magazines and other periodicals
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:23
Last Modified: 25 Feb 2019 03:23
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item