UMN Knowledge Center

Participatory Journalism Dalam Memantau Layanan Publik: Studi Kasus Fesbuk Banten News

Suhartini, Suhartini (2018) Participatory Journalism Dalam Memantau Layanan Publik: Studi Kasus Fesbuk Banten News. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Posisi facebook sangat strategis karena menurut riset Reuters Institute Digital Report 2016, Reuters Institute for the Study of Journalism lebih dari lima puluh ribu konsumen berita di 26 negara, facebook merupakan jejaring sosial yang paling penting bagi khalayak untuk menemukan, membaca, menonton dan membagi berita. Kini jurnalis berinteraksi dengan khalayak sepanjang waktu. Jurnalis menanggapi khalayak. Bahkan jurnalis bersandar pada khalayak. Dimana khalayak membantu jurnalis mendapatkan berita, hingga mengetahui apa yang ingin didengar oleh publik. Konten warga disebut sebagai participatory journalism. Beberapa media menerapkan konsep participatory journalism salah satunya yaitu Fesbuk Banten News. Hasil survei kepatuhan standar publik tahun 2016 layanan publik di Banten masuk dalam kategori zona merah dengan persentase penilaian 49,93 persen dan Oktober 2017 ada 205 pengaduan tentang layanan publik di Banten. Fesbuk Banten News menggerakan masyarakat untuk berperan aktif dalam menyampaikan informasi mengenai layanan publik di Banten. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melakukan wawancara mendalam, observasi dan rekaman arsip. Hasil penelitian ini terdapat empat tahapan produksi berita yang dilakukan Fesbuk Banten News yaitu akses/observasi, seleksi/penyaringan, pengolahan/penyuntingan, distribusi dan interpretasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Participatory Journalism, Tahapan Produksi Berita
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc. > PN4840 Online Journalism
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:43
Last Modified: 27 Feb 2019 07:43
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item