UMN Knowledge Center

pengukuran tingkat kematangan service operation departemen ti umn menggunakan kerangka kerja itil 2011

Lee, Michael Van Wis (2018) pengukuran tingkat kematangan service operation departemen ti umn menggunakan kerangka kerja itil 2011. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (871kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tata kelola teknologi informasi (IT Governance) di dunia pendidikan sudah cukup banyak digunakan termasuk di Indonesia sendiri, contohnya pada beberapa institut pendidikan. Adapun framework ITIL, digunakan sebagai alat untuk evaluasi, audit dan juga sebagai acuan implementasi. Guna untuk membantu meningkatkan layanan TI Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada bagian service operation, maka perlu untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan dari layanan tersebut, yang kemudian dilakukan melalui pengukuran tingkat kematangan pada bagian service operation. Hasil pengukuran yang diperoleh tersebut digunakan untuk menghasilkan rekomendasi yang tepat dengan masalah yang ditemukan pada layanan itu. Pengukuran dilakukan pada domain service operation yang merupakan fokus layanan departemen TI UMN. Domain service operation memiliki 5 buah indikator, yaitu: incident management, problem management, access management, event management dan request fulfillment. Pada penelitian kali ini, kerangka kerja yang digunakan adalah ITIL Versi 2011. Hasil pengukuran yang telah ditemukan antaralain: incident management problem management, event management dan request fulfillment memperoleh hasil pengukuran di level 1 dan access management sampai ke level 2. Hasil dari pengukuran dan rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi bahan masukkan dan menjadi bahan pengembangan yang bisa digunakan oleh pihak departemen TI Universitas Multimedia Nusantara.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T57-57.97 Applied mathematics. Quantitative methods
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.6-58.62 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Feb 2019 08:24
Last Modified: 13 Feb 2019 08:24
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item