Model Komunikasi Online Review Pada Restaurant Finder Service Di Kalangan Foodie (Studi Kasus Pada Aplikasi Zomato Indonesia)

Permata, Mia (2017) Model Komunikasi Online Review Pada Restaurant Finder Service Di Kalangan Foodie (Studi Kasus Pada Aplikasi Zomato Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (935kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Sebagai alat yang sering dimanfaatkan oleh para pemburu kuliner, aplikasi dan situs web Zomato Indonesia tentunya menghadirkan berbagai keuntungan bagi para penggunanya. Pengguna Zomato Indonesia sendiri terdiri dari kumpulan orang yang merupakan pecinta kuliner atau yang dikenal pula dengan sapaan foodie. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model komunikasi online review pada restaurant finder service Zomato Indonesia di kalangan foodie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi tidak langsung dan dokumentasi. Hasil dari wawancara dengan para informan menunjukkan bahwa keberadaan Zomato Indonesia bagi kalangan foodie dianggap memiliki karakteristik yang serupa dengan media sosial. Selain itu, keberadaan foodie dalam Zomato Indonesia juga memiliki peranan yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan foodie adalah pihak yang paling berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyediakan konten berupa informasi kuliner. Melalui online review, foodie dapat memperantarai berbagai pihak, mulai dari sesama reviewer, pembaca (readers) hingga pihak restoran sekalipun. Sebagai pihak yang berperan besar dalam membentuk hubungan, review yang dituliskan oleh foodie juga memiliki manfaat tersendiri bagi masing-masing pihak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Online Review, Foodie, Media Baru, Kuliner dan Restoran
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 384 Telecommunications (Handphone, Phone, Wireless Communication, Telegraph)
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 647 Management Housekeeping, Restaurant, Hotel Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:05
Last Modified: 17 Oct 2022 01:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item View Item