UMN Knowledge Center

Perancangan Kampanye Sosial Evakuasi Bencana Banjir Dengan Benar Oleh BPBD Tangerang

Ekaputri, Ayni Tera (2017) Perancangan Kampanye Sosial Evakuasi Bencana Banjir Dengan Benar Oleh BPBD Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (65MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (786kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (54MB)

Abstract

Banjir adalah bencana yang selalu melanda negeri kita karena cuaca yang ekstrim di Indonesia. Daerah Tangerang sendiri memiliki banyak sungai dan sering terkena banjir saat musim hujan. Namun, sayangnya banyak korban meninggal akibat tidak tahu cara evakuasi yang benar dan melakukan hal yang dilarang seperti berenang, jalan dekat saluran air, dsb. Penyuluhan merupakan salah satu solusi BPBD untuk menaikkan perhatian masyarakat mengenai bencana banjir, terutama di daerah dekat sungai seperti Jatiuwung dan Uwung Jaya yang dekat sungai Sabi. Namun dari hasil observasi saat penyuluhan di Jatiuwung, media yang digunakan banyak menggunakan teks, minim visual serta banyak gangguan sehingga peserta tidak fokus kepada materi. Hasil wawancara membuktikan bahwa hal ini menyebabkan mereka tidak yakin saat akan mengaplikasikan pengetahuannya disaat bencana. Solusi yang ditawarkan penulis adalah merancang kampanye sosial beserta medianya seperti buklet, motion graphic, poster dan merchandise khusus mengenai prosedur evakuasi yang benar untuk meningkatkan perhatian warga mengenai cara evakuasi yang benar serta meningkatkan kepercayaan diri untuk bertindak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Evakuasi tepat, Bencana banjir, Kampanye, Percaya diri, Keselamatan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:49
Last Modified: 23 Apr 2019 07:49
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item