UMN Knowledge Center

Strategi Employee Relations Dalam Mempertahankan Loyalitas Karyawan (Studi Kasus Hotel Mercure Convention Center, Ancol – Jakarta)

Halim, Cynthia (2018) Strategi Employee Relations Dalam Mempertahankan Loyalitas Karyawan (Studi Kasus Hotel Mercure Convention Center, Ancol – Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen Hotel Mercure Convention Center, Ancol – Jakarta menyadari pentingnya karyawan bagi keberadaan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen melakukan strategi employee relations untuk membangun hubungan positif dengan para karyawan. Diharapkan dengan adanya employee relations yang positif dan komunikasi internal yang efektif, karyawan akan bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan akhirnya menjadi loyal. Penelitian ini menggunakan konsep employee relations framework oleh Blyton dan Turnbell dan didukung oleh teori human relations. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus dan paradigma post-positivism. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan hasil wawancara dengan pihak yang terkait dan juga merupakan hasil observasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah strategi employee relations yang dilaksanakan manajemen sudah sesuai dengan employee relations framework dan teori human relations dan dapat mempertahankan loyalitas karyawan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat turnover yang rendah dan bagaimana karyawan bekerja dengan profesional dengan memberikan pelayanan yang terbaik pada para tamu karena mereka merasa sudah dilibatkan, diperhatikan, dan dikembangkan oleh manajemen. Selain itu, komunikasi internal juga sudah terjadi dengan cukup baik. Komunikasi formal berjalan dengan cukup baik walaupun mengalami beberapa kendala seperti adanya rasa takut untuk berkomunikasi dengan karyawan yang memiliki jabatan berbeda dan terjadinya distorsi informasi. Berbeda dengan komunikasi formal, komunikasi informal berjalan dengan sangat baik karena ada rasa kekeluargaan yang sangat tinggi di antara para karyawan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: employee relations, komunikasi internal, loyalitas, Hotel Mercure Convention Center, Ancol – Jakarta
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801-8943 Labor. Work. Working class
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801-8943 Labor. Work. Working class > HD5650-5660 Employee participation in management. Employee ownership. Industrial democracy. Works councils
H Social Sciences > HF Commerce > HF7 E-Commerce > HF73 Employees
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jun 2019 07:57
Last Modified: 12 Jun 2019 07:57
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item