UMN Knowledge Center

Strategi Pesan Komunikasi Pemasaran Shopee Indonesia Melalui Media Sosial Instagram

Plaudo, Jessica Crescent (2018) Strategi Pesan Komunikasi Pemasaran Shopee Indonesia Melalui Media Sosial Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (993kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Shopee Indonesia sebagai e-commerce pendatang sangat berkembang pesat dan dapat bersaing dengan saingan pendahulunya. Hal ini dikarenakan Shopee mampu menduduki peringkat kelima dalam kategori “Jumlah Pengunjung per Bulan” pada tahun 2017. Shopee Indonesia melakukan komunikasi pemasarannya pertama kali melalui media sosial Instagram. Shopee menggunakan media sosial Instagram sebagai alat komunikasi pemasaran pertamanya yang masih aktif hingga saat ini. Di dalam strategi komunikasi pemasaran terdapat salah satu unsur penting, yaitu strategi pesan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan dan mendeskripsikan penggunaan strategi pesan komunikasi pemasaran Shopee Indonesia pada media sosial Instagram yang mampu mendongkrak jumlah pengunjung. Konsep yang menjadi dasar adalah strategi pesan yang terdiri dari generic strategy, pre-emptive strategy, informational strategy, emotion strategy, association strategy, lifestyle strategy, incentive strategy, reminder strategy, dan interactive strategy. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan mengategorikan pesan-pesan Instagram Shopee Indonesia.Hasil penelitian menunjukkan Shopee Indonesia telah menggunakan berbagai strategi pesan. Dengan persentase tertinggi adalah strategi pesan incentive yang dilakukan untuk mendapatkan tujuan konatif atau membuat pengikutnya sesegera mungkin melakukan transaksi. Strategi ini biasanya digunakan dengan membagikan pesan tentang potongan harga atau diskon. Hal ini tepat karena Shopee Indonesia masih pendatang baru yang membutuhkan peningkatan transaksi oleh pengikut-pengikutnya. Frekuensi incentive strategy ini diikuti oleh emotion , informational, interactive, reminder, lifestyle, credibility, association, generic, dan pre-emptive strategy.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi pesan, Komunikasi Pemasaran, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5717-5734.7 Business communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:25
Last Modified: 13 Jun 2019 07:25
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item View Item