Strategi Event Manajemen Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung (Studi Kasus Pada Event Pekan Raya Indonesia 2017)

Windiyanto, Olivia (2018) Strategi Event Manajemen Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung (Studi Kasus Pada Event Pekan Raya Indonesia 2017). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB)

Abstract

Perkembangan industri MICE di Indonesia yang sedang meningkat pesat menarik PT. Indonesia Internasional Expo (IIE) dalam melihat peluang dengan melakukan menyelenggarakan event Pekan Raya Indonesia, yang di kelola secara langsung oleh IIG Events selaku event organizer dari PT. IIE. Terbilang sukses di tahun 2016, IIG Events kembali menyelenggarakan Pekan Raya Indonesia di tahun 2017. Penyelenggaraan event Pekan Raya Indonesia di tahun kedua ini menjadi awal yang melatarbelakangi penelitian yang berjudul “Strategi Event Manajemen Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung (Studi kasus : Pekan Raya Indonesia 2017) ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Event Management sebagai strategi komunikasi pemasaran pada penyelenggaraan event Pekan Raya Indonesia 2017 dalam meningkatkan minat berkunjung. Paradigma pada penelitian ini menggunakan paradigm post positivistik dengan metode kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan studi kepustakaan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data Robert K. Yin yaitu teknik penjodohan pola dan teknik uji keabsahan data yaitu uji validitas konstruk dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Event Pekan Raya Indonesia menerapkan strategi perencanaan penyelenggaraan event yang didasarkan pada konteks bauran public relations yaitu publications, event, news, community involvement, inform or image, dan social responsibility meliputi penyediaan konten acara, rencana operasional, serta aktivitas publikasi dan promosinya. Pekan Raya Indonesia menggunakan tahapan strategi komunikasi pemasaran seperti SWOT analysis, target market analysis, marketing strategy, competitive strategy dan riset untuk mengumpulkan informasi terkait target audience, event sejenis, dan channel – channel yang relevan sebagai tools komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan yang ditargetkan melalui aktivitas seperti advertising, direct response communication, digital interactive communication, sales promotion, public relations, experiental marketing, dan personal selling. Mengacu pada hasil riset terhadap exhibitor dan pengunjung, Pekan Raya Indonesia melakukan evaluasi yang didasarkan pada persentase tingkat kepuasan terhadap konten acara, booth, jangkauan media yang digunakan, dan intensitas keinginan untuk berkunjung kembali sebagai indikator untuk mengetahui terkait minat melakukan kunjungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Event Management strategy, Pekan Raya Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:33
Last Modified: 13 Apr 2023 00:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item