UMN Knowledge Center

Pola komunikasi penggemar k-pop (korean pop) melalui media sosial (twitter) (studi etnografi pada komunitas penggemar k-pop di media sosial)

Fellicya, Felintya (2015) Pola komunikasi penggemar k-pop (korean pop) melalui media sosial (twitter) (studi etnografi pada komunitas penggemar k-pop di media sosial). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (869kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (978kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan suatu hal wajib yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan komunikasi dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya. Dengan adanya komunikasi yang terjadi di antara banyak orang, maka terciptalah sebuah komunitas yang terdiri dari anggota – anggota yang memiliki kegemaran yang sama, komunitas dapat terbentuk dimana saja terlebih lagi pada zaman sekarang ini dimana teknologi sudah semakin canggih, komunitas dapat terbentuk di dalam dunia internet, dengan banyak nya media sosial yang bermunculan seperti facebook, twitter, myspace, blog, tumblr, yahoo messanger, dan lainnya membuat individu – individu yang terpisah oleh kota, negara, dan benua dapat bertemu dan saling berinteraksi melalui internet, karena itu komunitas sudah banyak tercipta melalui media sosial. Dengan demikian ketika setiap anggota berinteraksi dalam media sosial mereka akan memiliki pola komunikasi yang membedakan mereka dengan ketika mereka berinterkasi tatap muka. Judul skripsi ini adalah “Pola Komunikasi Komunitas Penggemar K-pop (Korean Pop) melalui Media Sosial (twitter).” Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi di dalam media sosial diantara komunitas K-pop dan juga untuk mengetahui perilaku komunikasi yang terjadi di media sosial diantara komunitas K-pop. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model deskriptif dengan jenis data kualitatif dan didukung oleh paradigma konstruktivis dan menggunakan metode penelitian etnografi komunikasi. Instrumen penelitian adalah studi kepustakaan dan pedoman wawancara. Objek penelitian ini yaitu komunitas penggemar K-pop dan subjek penelitian ini yaitu anggota komunitas penggemar K-pop yang berjumlah 4 orang dan terdiri dari fanclub atau komunitas yang berbeda – beda. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data dalam penelitian etnografi yang dikemukankan oleh Craswell dalam Kuswarno, Engkus (2011:68) yaitu dengan melalui tiga tahap : deskripsi, analisis, dan intepretasi. Dari hasil penelitian yang didapat anggota komunitas penggemar K-pop yang berinterkasi dalam twittermemiliki ciri khas mereka masing – masing di dalam menuliskan sebuah tweet, ketika mereka berinteraksi biasanya akan didahulukan dengan perkenalan baru melanjutkan interkasi atau sebaliknya, mereka memiliki simbol – simbol yang mereka buat dari hasil penggabungan huruf dan angka dalam keyboard untuk mengekspresikan perasaan mereka ke dalam sebuah tweet, mereka juga memiliki kata – kata slang yang mereka ambil dari bahasa Korea dan kemudian mereka pelajari dan mereka tuliskan ke dalam sebuah tweet

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HM Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jul 2017 09:08
Last Modified: 27 Sep 2017 10:02
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item