UMN Knowledge Center

Strategi public relations pada proses rebranding pt asuransi jiwasraya (persero)

Jessica, Jessica (2015) Strategi public relations pada proses rebranding pt asuransi jiwasraya (persero). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (911kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rebranding yang terjadi pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Banyak perusahaan memutuskan untuk melakukan penyegaran pada mereknya dalam rangka mempertahankan posisinya di dalam industri yang semakin kompetitif. Sejak masuknya perusahaanperusahaan asuransi joint venture, pasar asuransi jiwa lebih banyak didominasi oleh perusahaan asing sehingga berdampak PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang merupakan perusahaan asuransi pertama di Indonesia. PT Asuransi Jiwasraya memutuskan untuk melakukan rebranding dalam rangka menegaskan eksistensi perusahaannya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: public relations, strategic public relations planning, corporate branding, rebranding, dan komunikasi dalam perubahan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations pada proses rebranding PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Paradigma yang digunakan adalah konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan studi dokumen serta diperkuat dengan triangulasi sumber dari praktisi yang ahli dalam bidang branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan terjadi pada tahapan complete changes, yakni perubahan total termasuk nilai-nilai perusahaan. Adapun strategi rebranding dalam PT Asuransi Jiwasraya (Persero) adalah strategi aksi dan komunikasi proaktif dengan menggunakan brand endorser Manchester City Football Club yang kemudian dirumuskan dalam sejumlah kegiatan aktivasi untuk karyawan, agen, dan juga konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.4 Marketing Public Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:06
Last Modified: 27 Sep 2017 10:04
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item