Hubungan antara motif dan kepuasan mahasiswa dalam mengakses akun kompas.com di twitter (analisis khalayak kepada mahasiswa ilkom jurnalistik UMN angkatan 2010)

Priscilla, Priscilla (2013) Hubungan antara motif dan kepuasan mahasiswa dalam mengakses akun kompas.com di twitter (analisis khalayak kepada mahasiswa ilkom jurnalistik UMN angkatan 2010). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (933kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (643kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (665kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (678kB)

Abstract

Khalayak dianggap aktif dalam memilih media massa yang dianggap sesuai dengan kebutuhannya, yang dilatar belakangi oleh motif tertentu. Dalam menggunakan media massa, terjadi proses evaluasi dimana kebutuhan khalayak tersebut dapat terpenuhi atau tidak. Hal ini juga dapat mempengaruhi pilihan khalayak dalam menggunakan media massa. Apabila media tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan khalayak, maka di masa yang akan datang, khalayak akan memilih media lain untuk memenuhi kebutuhannya. Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Internet kini menjadi sebuah media sosial masyarakat. Dalam media sosial ini, masyarakat dapat berbagi informasi secara mudah dan dalam waktu yang singkat. Situs jejaring sosial yang populer saat ini adalah twitter. Twitter merupakan jejaring sosial mikroblogging yang banyak digunakan oleh masyarakat, salah satunya untuk memperoleh informasi. Penelitian ini meneliti apakah ada kepuasan khalayak dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Selain itu juga dicari hubungan antara motif dan kepuasan mahasiswa dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat eksplanatifasosiatif untuk mengetahui kekuatan hubungan antara kedua variabel motivasi dan kepuasan. Digunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan responden sebanyak 64 mahasiswa Ilmu Komunikasi UMN peminatan Jurnalistik angkatan 2010 yang mengikuti akun Kompas.com di twitter. Pada penelitian ini digunakan teori Uses and Gratification dengan penjabaran teori Gratification Sought (motif khalayak mengakses akun Kompas.com di twitter) dan Gratification Obtained (kepuasan setelah mengakses akun Kompas.com di twitter). Dalam teori ini dijelaskan bahwa khalayak bersifat aktif memilih memilih dan menggunakan media. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat hubungan yang sangat kuat antara motif khalayak dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Namun akun Kompas.com di twitter tidak cukup memuaskan khalayaknya karena diperoleh hasil nilai motif khalayak (GS) lebih besar daripada kepuasan khalayak (GO).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:25
Last Modified: 06 Apr 2023 08:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item