Angelia, Chininta Rizka (2013) Strategi public relations dalam mempertahankan reputasi pt garuda indonesia (persero) tbk sebagai global player. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi Public Relations dalam mengelola reputasi perusahaan. Dilatarbelakangi oleh persaingan yang ketat di dunia industri penerbangan dalam merebut pasar, mendorong perusahaan untuk mempertahankan positioning-nya sebagai maskapai nasional, maskapai nomor satu pilihan publik, dan memperkuat reputasinya agar dapat bertahan dan berkembang. Penerapan teori dan konsep dalam penelitian ini antara lain: model komunikasi two-way symmetrical dari Grunig&Hunt, konsep Public Relations, konsep sembilan langkah perencanaan strategis Public Relations dari Ronald D. Smith, dan manajemen reputasi. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelititan ini adalah paradigma post-positivisme, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif, metode penelitian studi-kasus, teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi, serta teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber. Garuda Indonesia menggunakan strategi proaktif berdasarkan konsep Ronald D. Smith, diantaranya action strategies dan communication strategies. Sebagai bentuk action strategies, Garuda Indonesia mensponsori Liverpool FC. Sedangkan sebagai bentuk communication strategies, Garuda Indonesia melakukan publisitas yang ditekankan pada newsworthy. Strategi ini dikatakan berhasil dalam mempertahankan reputasi Garuda Indonesia sebagai global player, karena menghasilkan : opini publik mengenai Garuda Indonesia positif, Garuda Indonesia mendapat dukungan dan kepercayaan publik, dan loyalitas dari konsumen GFF meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 09:04 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/872 |
Actions (login required)
View Item |