UMN Knowledge Center

Analisa peran public relations dalam implementasi program csr (studi kasus pada program “tanjung lesung charity” periode januari 2015 – mei 2015)

Andika, Reynold (2015) Analisa peran public relations dalam implementasi program csr (studi kasus pada program “tanjung lesung charity” periode januari 2015 – mei 2015). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Reynold Andika 11140110285.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview

Abstract

(Adanya pandangan di masyarakat bahwa perusahaan hanya mementingkan keuntungannya saja). Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya perusahaan dianggap merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Dampak dari pemikiran masyarakat tersebut akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Melihat hal tersebut perusahaan menyadari pentingnya menjalin hubungan baik dan membangun rasa saling percaya di masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah melalui Corporate social responsibility. Melalui pelaksanaan CSR, perusahaan akan menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Penerapan CSR yang baik tidak terlepas dari peran public relations yang ada didalamnya. PR dapat menghubungkan perusahaan dan masyarakat secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui PR dalam implementasi program CSR dari PT Tanjung Lesung Penelitian ini menggunakan teori dan konsep yang berkaitan dengan model perencanaan PR, yakni PR Manajemen Model oleh Cutlip, Center dan Broom, konsep Public Relations oleh Frassel dan Cutlip, Center dan Broom, serta konsepkonsep CSR lainnya oleh Kotler, Untung, Combs dan Halladay. Metode Penelitian yang dipakai adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 3 narasumber yaitu public relations perancang program “Tanjung Lesung Charity” dan Public Relations pelaksanaan program “Tanjung lesung Charity”, serta seorang konsultan yang merupakan narasumber ahli dalam bidang Corporate Social Responsibility Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program “Tanjung Lesung Charity” sudah terealisasikan dengan cukup baik hal ini terlihat dari respon masyarakat yang positif, walaupun jika diliat melalui model perencanaan PR Cutlip, Center dan Broom, program CSR “Tanjung Lesung Charity” belum dijalankan secara maksimal. Terdapat tahapan-tahapan yang tidak dijalankan ketika mengimplementasikan program. Selain itu implementasi program CSR “Tanjung Lesung Charity” tidak terlepas dari peran PR di dalamnya, yaitu sebagai expert prescriber dan communication facilitator. Maka dapat disimpulkan bahwa PR berperan penting di dalam implementasi program CSR, karena PR berfungsi sebagai penghubung antara perusahaan dengan masyarakatnya agar adanya hubungan saling menguntungkan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.4 Marketing Public Relations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business > HD60.1 C Corporate social responsibility
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Jul 2017 02:52
Last Modified: 14 Jul 2017 02:52
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item