Representasi Ideologi Maskulinitas dalam Iklan Kuku Bima Ener-G

Asalia, Natasya (2020) Representasi Ideologi Maskulinitas dalam Iklan Kuku Bima Ener-G. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (888kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (978kB)

Abstract

Iklan tidak hanya menyampaikan informasi persuasif mengenai sebuah produk, melainkan juga ideologi dari pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi ideologi maskulinitas dalam iklan iklan Kuku Bima Ener-G versi Iko Uwais #EnergiYangBaik dan versi Saurav Gurjar. Alasan memilih kedua iklan tersebut adalah karena dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, iklan ini memiliki representasi maskulinitas yang paling mencolok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian analisis isi semiotika milik Roland Barthes. Unit analisis dari penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dari penelitian ini adalah tanda verbal, nonverbal, mise en scene, dan juga menggunakan kelima kode Roland Barthes yaitu hermeneutik, simbolik, semik, kultural, dan proairetik. Hasil dari penelitian ini adalah kedua iklan milik Kuku Bima Ener-G ini merepresentasikan ideologi maskulinitas. Pada versi Iko Uwais, maskulinitas yang direpresentasikan adalah lakilaki merupakan sosok yang sukses, kuat, bisa bertarung, membela yang lemah, dan hidup penuh tantangan sementara pada versi Saurav Gurjar laki-laki maskulin harus pemberani, bertanggung jawab, penuh inspirasi, membantu orang yang kesulitan, dan dikagumi banyak orang karena sosok kepahlawanannya. Iklan versi Iko Uwais menggambarkan maskulinitas yang cenderung lebih kepada internal, di mana maskulinitas yang digunakan untuk memuaskan diri sendiri sementara versi Saurav Gurjar menggambarkan maskulinitas yang cenderung lebih kepada eksternal, di mana maskulinitas yang digunakan untuk membantu orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: masculinity, semiotic, Roland Barthes, Kuku Bima Ener-G, advertising
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 07:25
Last Modified: 15 Apr 2023 05:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13464

Actions (login required)

View Item View Item