Gazza Roosaryatama, Muhammad (2019) Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Informasi dalam Berita bagi Jurnalis Media Online (Studi Kasus pada Media Online Tribunnews.com). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan zaman dan teknologi membuat pekerjaan di bidang media turut serta berkembang, terlihat dari bagaimana mulai muncul media-media dalam bentuk online. Ketika dahulu hanya ada media cetak (koran, majalah, dll.), radio, dan televisi, kini hadir pula media online yang dikonsumsi dengan menggunakan internet. Internet sendiri membuka ruang yang luas bagi setiap individu untuk mencari ataupun membagikan informasi, contohnya melalui media sosial. Hal tersebut membawa perubahan besar bagi dunia media, entah negatif maupun positif. Jurnalis pun saat ini menggunakan media sosial sebagai sumber informasi untuk penulisan beritanya. Hal ini menjadi sebuah dilema karena informasi yang didapatkan dari internet atau media sosial belum tentu benar. Melalui penelitian ini, peneliti menganalisis berita pada rubrik nasional di tribunnews.com, dimulai sejak 28 Maret 2019 hingga 3 April 2019. Peneliti ingin mengetahui jenis informasi dari media sosial seperti apa yang dipakai jurnalis dalam sebuah berita, juga dari media sosial mana saja kah informasi biasanya diambil. Selain itu, peneliti juga mengacu pada beberapa pasal Kode Etik Jurnalistik ingin melihat apakah jurnalis yang menggunakan media sosial sebagai sumber informasi ini sudah melakukan yang sesuai dengan apa yang tertulis pada Kode Etik Jurnalistik. Hasil penelitiannya adalah berita dalam rubrik nasional tribunnews.com selama periode penelitian kebanyakan memasukkan sumber informasi dalam bentuk video, media sosial yang banyak dipakai informasinya dalam sebuah berita adalah media sosial youtube. Terlihat pula bahwa mayoritas berita menyantumkan sumber diambilnya informasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | internet, media sosial, media online, Kode Etik Jurnalistik, tribunnews.com |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 01:37 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 03:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11244 |
Actions (login required)
View Item |