Nathaniel, Agustinus (2020) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Fotografi Dasar Berbasis Mobile Menggunakan Metode Gamifikasi dan Fisher-Yates Shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (778kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (765kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (117kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Fotografi merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Siapapun yang memiliki akses terhadap kamera dapat melakukan fotografi. Namun, mempunyai kamera dan melakukan fotografi tidak menjamin hasil foto yang indah dan menarik. Seorang fotografer membutuhkan ilmu dasar fotografi yang cukup agar dapat mengoperasikan kamera dengan maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mempelajari fotografi adalah dengan menggunakan aplikasi mobile. Penggunaan metode gamifikasi dalam proses pembelajaran memberikan alternatif untuk membuat proses belajar lebih menarik, menyenangkan, dan efektif. Rancangan gamifikasi menggunakan Octalysis framework dalam membangun aplikasi pembelajaran fotografi dasar. Teknik permainan yang dipakai terdiri dari points, progress bar, achievement, levelling up, badges, avatar, leaderboard, dan friending. Algoritma Fisher-Yates Shuffle digunakan untuk mengacak soal kuis materi pembelajaran. Hasil dari uji coba menggunakan metode Hedonic Motivation System Adoption Model menunjukkan bahwa penerapan metode gamifikasi dalam aplikasi pembelajaran fotografi dasar mendapatkan hasil sebesar 81.28% untuk behavioral intention to use dalam penggunaan aplikasi kembali di kemudian hari dan hasil sebesar 75.95% untuk immersion dalam membuat pengguna merasa terbawa suasana.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | fotografi, Fisher-Yates shuffle, gamifikasi, Hedonic Motivation System Adoption Model, mobile, Octalysis framework |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 23:12 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14168 |
Actions (login required)
View Item |