Sistem E-Commerce Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Winarno, Winarno (2015) Sistem E-Commerce Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 2 (1). ISSN 2460-3775

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut data yang dilansir oleh www.statista.com transaksi dagang secara online (e-commerce) setiap tahun terus bertumbuh dengan laju 15 – 20 persen per tahun. Pada tahun 2013 nilai transaksi e-commerce mencapai 1.233 milyar dollar AS, dan tahun 2014 ini diperkirakan akan mencapai 1.471 milyar dollar AS, atau meningkat 19,3 persen. Sedangkan untuk tahun 2015, diperkirakan mencapai 1.700 milyar Dollar AS, dan pada tahun 2018 diprediksi mencapai 2.356 milyar Dollar AS. E-commerce di Indonesia sendiri pun memperlihatkan gambaran yang tidak kalah menggembirakan. Pada tahun 2011 nilai e-commerce di Indonesia mencapai 0,9 milyar Dollar AS, dan pada tahun 2015 diperkirakan akan mencapai 10 milyar Dollar AS. Dengan prospek tersebut di atas, maka pengembangan sistem e-commerce di Indonesia merupakan keharusan, karena akan dapat menumbuh-kembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan merancang bangun sistem E-Commerce bagi UMKM, sehingga memudahkan para pengelola UMKM untuk memulai sistem E-Commerce, baik secara kelompok maupun individual perusahaan. Sebagai prototipe, telah berhasil dibuat sistem E-Commerce bagi UMKM yang telah di-hosting di Internet, dengan nama umkmoke.com. Adapun sistem e-commerce UMKM ini mencakup produk-produk fashion, kerajinan tangan, mainan, kuliner. Selain menu terkait dengan keempat kelompok produk tersebut, disediakan juga fitur-fitur yang akan memudahkan transaksi oleh para pengunjung, yaitu login bagi user, registrasi, hubungi kami, menu cari, keranjang belanja, artikel, produk baru, populer, dan terlaris, informasi dan Akun Saya.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:21
Last Modified: 12 Oct 2021 02:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item View Item