Marcello Yapputra, Bryan (2022) Perancangan Interactive Storytelling sebagai Media Edukasi Mengenai Cyberbullying di Kalangan Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Cyberbullying adalah bentuk tindakan perundungan atau bullying yang muncul sebagai akibat perkembangan teknologi informasi seperti internet dan media sosial. Cyberbullying rentan dialami oleh remaja sebagai akibat dari perkembangan media sosial yang pesat di kalangan remaja. Tindakan cyberbullying terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan beresiko mengalami peningkatan pada masa pandemi Covid-19. Cyberbullying memiliki dampak negatif yang merugikan baik korban maupun pelaku, seperti depresi, rasa bersalah yang berkepanjangan, dan meningkatnya keinginan untuk bunuh diri. Namun, dampak dari cyberbullying masih dianggap sepele oleh masyarakat dan membutuhkan waktu untuk disadari oleh pelaku. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat akan dampak dari cyberbullying diperlukan untuk menurunkan angka cyberbullying. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan berbagai metode seperti wawancara ahli, kuisioner, dan studi referensi. Berdasarkan hal tersebut, penulis merancang cerita interaktif sebagai media edukasi untuk meningkatkan empati dan kesadaran remaja akan dampak cyberbullying.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Cyberbullying, Trauma, Cerita interaktif vii Perancangan Interactive Storytelling Sebagai Media Edukasi Mengenai Cyberbullying di Kalangan Remaja, Bryan Marcello Yapputra, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 07:35 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 05:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20212 |
Actions (login required)
View Item |