Sitorus, Wendy Anastasya (2015) Strategi marketing public relations dalam proses rebranding lippo supermal menjadi supermal Karawaci (Periode Januari 2014 - Februari 2015). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seiring dengan perkembangan bisnis di Indonesia, sebuah reputasi perusahaan bukan lagi menjadi faktor terpenting melainkan reputasi brand pun menjadi hal vital untuk dibentuk. Supermal Karawaci memutuskan untuk melakukan rebranding sebagai upaya pembentukan brand equity yang baru dan mengatasi persaingan yang semakin pesat. Dalam meraih tujuan yang dimiliki, Supermal Karawaci menjalankan strategi Marketing Public Relations. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi MPR dalam rebranding Lippo Supermal menjadi Supermal Karawaci. Penelitian ini menggunakan konsep yang berkaitan dengan model perencanaan MPR yaitu Seven Step Strategic Planning Process oleh Patricia T. Whalen dan The PR Effectiveness Yardstick Model sebagai panduan melakukan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada dua narasumber dari Supermal Karawaci dan satu narasumber sebagai ahli praktisi MPR dari Fortune PR serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding melalui strategi marketing public relations dilakukan menggunakan strategi push, pull, dan pass. Keberhasilan rebranding belum mencapai pada tahap brand equity dan Supermal Karawaci belum melakukan evaluasi terhadap perubahan opini atau perilaku terkait rebranding.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 02:59 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/393 |
Actions (login required)
View Item |