Rancang Bangun Sistem Evaluasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Algoritma Supermemo 2 Berbasis Web (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 1)

Sundik, Ranggih Pramantha Romersono (2017) Rancang Bangun Sistem Evaluasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Algoritma Supermemo 2 Berbasis Web (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 1). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak variasi cara belajar yang bisa didapat oleh anak. Pembelajaran matematika masih dianggap sulit bagi para siswa sekolah dasar karena para pengajar masih menggunakan metode gaya lama seperti metode ceramah. Berdasarkan hasil survei oleh 34 orang tua, 58,8% koresponden menjawab para siswa atau anak didik mengalami kesulitan memahami pembelajaran di mata pelajaran matematika. Maka dirancang dan dibangun sebuah sistem evaluasi pembelajaran matematika sekolah dasar menggunakan Algoritma SuperMemo 2, sistem tersebut memberikan media pembelajaran terhadap siswa dalam memahami pembelajaran soal mata pelajaran matematika yang ingin dipelajari, kemudian para orang tua siswa bisa mengevaluasi hasil pembelajaran dari siswa tersebut apakah siswa sudah paham atau belum mengenai soal mata pelajaran matematika yang sudah dipelajari. Sistem evaluasi pembelajaran tersebut menggunakan Algoritma SuperMemo 2 untuk memberikan sebuah Interval waktu pembelajaran ke dalam notifikasi pembelajaran kepada siswa berdasarkan tingkat pemahaman dalam mempelajari soal pembelajaran matematika. Algoritma SuperMemo 2 dapat mengukur tingkat pemahaman para siswa dengan menampilkan sebuah grafik perkembangan pemahaman pembelajaran serta memberikan hasil evaluasi pembelajaran kepada orang tua dalam bentuk laporan atau report dan tabel pembelajaran terakhir. Hasil uji mengenai sistem evaluasi pembelajaran matematika sekolah dasar membuktikan bahwa hasil mengenai output dari Interval waktu pembelajaran berdasarkan perhitungan manual dan perhitungan program memberikan hasil yang sama. Setelah dilakukan uji coba, diperoleh hasil kuesioner mengenai sofltware quality berdasarkan standar ISO-9126 dengan menggunakan metode quality in use, diperoleh dari responden yaitu 30 orang tua adalah 95.87%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sistem Evaluasi, Pembelajaran, Matematika, Sekolah Dasar, SuperMemo 2, Algoritma, ISO-9126, Rancang Bangun
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering > 661 Technology of Industrial Chemicals
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:09
Last Modified: 05 Apr 2023 06:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item