Representasi anti mafia korupsi dalam lirik lagu 'gosip jalanan' karya band slank

Sari, Hanny Prista Yulia (2015) Representasi anti mafia korupsi dalam lirik lagu 'gosip jalanan' karya band slank. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (996kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kasus kekerasan seksual yang telah menimpa anak pada usia dini kini menjadi perhatian publik, khususnya para ibu yang memiliki anak pada usia dini. Maraknya kasus kekerasan seksual pada anak usia dini disebabkan oleh minimnya pendidikan seksual yang dipahami oleh sang anak. Ibu, sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap perkembangan sang anak perlu membimbing sang anak untuk melindungi diri mereka dari pelaku kekerasan seksual. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengalaman ibu dalam memaknai pendidikan seksual pada anak usia dini, mendeskripsikan pengalaman ibu dalam memaknai alat seksual serta mendeskrispikan pola komunikasi ibu dan anak dalam memberikan pendidikan seksual pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi milik Husserl. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan yaitu konstruktivis dengan metode penelitian studi fenomenologi. Informan dalam penelitian ini yaitu para ibu yang memiliki dua anak laki-laki, dua anak perempuan dan satu anak laki-laki dan satu anak perempuan yang masing-masing dari anak tersebut berusia 1-8 tahun. Informan tersebut ialah Ibu Indah Minarni, Ibu Astuti Ekawati serta Ci Ju Ie. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan menggunakan teknik keabsahan data fenomenologi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknis analisis data fenomenologi milik Husserl . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan seksual anak pada usia dini dimaknai sebagai hal yang mengandung pornografi karena tidak pantas jika dibicarakan pada anak usia dini. Namun, pendidikan seksual juga dimaknai sebagai perlindungan diri sang anak dari pelaku kekerasan seksual. Penyebutan alat seksual masih menggunakan istilah konotasi dan tidak menggunakan sesuai dengan nama ilmiahnya. Penyebutan ‘pepek’ atau ‘burung’ dimaknai sebagai bahasa halus untuk anak-anak dalam menyebutkan organ seksual mereka. Pola komunikasi ibu dengan anak dapat dilihat dari penyebutan organ seksual yang masih menggunakan istilah konotasi, cara melindungi bagian tubuh vital anak dengan memberikan pengarahan kepada anak untuk waspada pada pelaku kekerasan seksual. Pendidikan seksual biasa diberikan pada saat anak mandi, memberikan contoh mawas diri sesuai dengan adegan di televisi, pada saat anak sedang buang air kecil maupun pada saat mengganti baju

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
700 Arts and Recreation > 780 Music > 780 Music
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2017 07:09
Last Modified: 02 Jun 2022 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item