Pola komunikasi orang tua tunggal dalam membentuk konsep diri anak (studi fenomenologi terhadap anak yang dibesarkan orang tua tunggal)

Norita, Norita (2015) Pola komunikasi orang tua tunggal dalam membentuk konsep diri anak (studi fenomenologi terhadap anak yang dibesarkan orang tua tunggal). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (756kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (987kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (714kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (743kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua tunggal dalam membentuk konsep diri anak. Karena setiap orang tua memiliki pola komunikasi yang berbeda dengan anaknya. Orang tua tunggal harus menjalankan peran ganda untuk keberlangsungan hidup keluarganya. Dalam proses pembentukan konsep diri anak, banyak faktor yang membentuk konsep diri seseorang. Faktor-faktor tersebut antara lain keluarga, masyarakat, juga lingkungan sekolah. Namun dari banyak faktor yang membentuk konsep diri seorang anak, keluarga memang merupakan faktor paling penting termasuk orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskri[tif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil bahwa pola komunikasi yang doterapkan setiap orang tua pasti berbeda, ada empat faktor yang membentuk konsep diri seoramg anak yaitu penilaian orang lain (other images). Perbandingan sosial (social comparisons), ajaran budaya (cultural teachings), dan evaluasi diri (self evaluations), konsep diri yang dimiliki anak yang dibesarkan oleh orang tua tunggal adalah positif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2017 09:24
Last Modified: 24 Oct 2022 09:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item