Pemaknaan khalayak remaja terhadap gaya hidup remaja masa kini (studi resepsi pada majalah highend teen)

Lumatauw, Ryan Johnson Arnold (2015) Pemaknaan khalayak remaja terhadap gaya hidup remaja masa kini (studi resepsi pada majalah highend teen). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (681kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bagi kalangan remaja, majalah merupakan salah satu media yang dapat memberikan informasi dan pesan sesuai dengan kebutuhan. Banyak majalah remaja yang berfokus pada rubrik yang berisi gaya hidup remaja masa kini. Majalah HighEnd Teen adalah salah satu bentuk media yang merepresentasikan gaya hidup remaja masa kini. Dengan tagline smart, up-to-date and beyond, remaja masa kini dipengaruhi oleh ideologi dari majalah yang dipengaruhi oleh pemaknaan teks dalam media. Akan tetapi, remaja yang adalah khlayak aktif memiliki pemakanaan sendiri terhadap isi media dan dapat berbeda dilihat dari faktor yang melatar belakangi mereka. Pemahaman yang dilakukan khalayak bersifat memaknai isi dari teks media tersebut. Dalam memaknai pesan tersebut tentunya dilihat dari faktor budaya dari khalayaknya. Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya termasuk unsur penting dalam melakukan pemaknaan. Tindak pemaknaan yang dilakukan khalayak dapat membawa khalayak ke dalam tiga posisi pemaknaan yakni, dominan, negosiasi dan oposisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, di mana pengambilan data yang dilakukan berupa wawancara mendalam dan studi pustaka. Wawancara mendalam dilakukan guna mencari data primer yang berkaitan dengan informasi mengenai informan dan pemahaman khalayak tentang gaya hidup remaja masa kini dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Studi pustaka digunakan untuk mendapatkan data sekunder berupa data mengenai majalah HighEnd Teen. Dari pemaknaan kelima informan, hasil wawancara menunjukan bahwa terdapat kesamaan antara isi teks dari majalah HighEnd Teen dengan pemaknaan yang dilakukan khalayak, meski dalam peaknaan tersebut ada yang menganggap berbeda. Ada khalayak yang memaknai isi teks media secara dominan, sesuai dengan gaya hidupnya, ada pun khalayak yang menegosiasikan pemaknaan yang dibuat oleh majalah HighEnd Teen. Pemaknaan kelima informan dapat dikategorikan dominan-dominan, dominan-negosiasi, dan dominan-oposisi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 Magazines, Journals and Serials
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:12
Last Modified: 10 Aug 2022 06:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item