Komunikasi antarpribadi orang tua dalam memberikan pendidikan media literacy kepada anak (studi deskriptif orang tua dan anak pengguna gadget usia kanak - kanak)

Aroem, Angelina Corbara Citra Sekar (2014) Komunikasi antarpribadi orang tua dalam memberikan pendidikan media literacy kepada anak (studi deskriptif orang tua dan anak pengguna gadget usia kanak - kanak). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (784kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Gadget merupakan teknologi yang tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat di era modern seperti sekarang ini. Mulai dari orang dewasa hingga anak – anak menggunakan gadget sebagai kebutuhan yang lumrah. Bahkan banyak orang tua tidak ragu memberikan gadget berjumlah lebih dari satu kepada anak untuk digunakan secara pribadi dalam kehidupan sehari – hari. Namun pemakaian gadget pada anak - anak kerap kali tidak diiringi dengan pengetahuan media literacy secara menyeluruh. Sehingga hal ini dapat menyebabkan penyalahgunaan pemakaian gadget di kalangan anak – anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi antarpribadi orang tua dalam memberikan pendidikan media literacy kepada anak pengguna gadget usia kanak – kanak akhir, yakni 6 – 13 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi antarpribadi yang digunakan orang tua dalam memberikan pendidikan media literacy kepada anak pengguna gadget usia kanak – kanak adalah pola komunikasi otoritatif. Pola komunikasi otoritatif merupakan pola komunikasi terbuka dan bersifat dua arah antara orang tua dan anak. Dalam memberikan pendidikan media literacy kepada anak berusia 7 tahun, orang tua bersikap transparan dengan memberikan pemahaman secara rasional mengenai pemakaian gadget secara bijak, sedangkan kepada anak berusia 11 tahun, orang tua mengambil sikap melarang anak diiringi penjelasan logis sehingga anak dapat menerima larangan yang diberikan dalam kaitannya menggunakan gadget. Pemahaman diberikan melalui berbagai cara seperti membuka diskusi dengan anak mengenai gadget serta konten di dalamnya, membuat aturan pemakaian gadget berdasarkan sebab – akibat dan sebagainya. Oleh sebab itu, keluarga yang menerapkan pola komunikasi otoritatif memiliki karakteristik keluarga konsensual, yakni keluarga yang menghargai komunikasi terjalin secara terbuka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:03
Last Modified: 27 Jan 2023 04:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item