UMN Knowledge Center

Manajemen Komunikasi Krisis di Era Digital: Studi Kasus pada BukaLapak dalam Munculnya Tagar #UninstallBukaLapak

Angsana, Sonya (2019) Manajemen Komunikasi Krisis di Era Digital: Studi Kasus pada BukaLapak dalam Munculnya Tagar #UninstallBukaLapak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB)

Abstract

Krisis dianggap sebagai sesuatu yang dapat membahayakan reputasi perusahaan. Sifatnya yang datang tiba-tiba, membuat perusahaan harus mengambil langkah yang cepat dan tepat dalam menangani krisis. Manajemen krisis menjadi penting bagi perusahaan untuk mencegah krisis semakin berkembang. Terlebih dengan masuknya teknologi yang membuat zaman telah berkembang ke era digital. Dengan masuknya internet dan media digital, arus komunikasi menjadi lebih cepat dan kompleks. Hal tersebut menjadi tantangan bagi perusahaan khususnya dalam penanganan krisis. Maka dari itu setiap tahapan krisis harus diperhatikan dengan baik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan konsep manajemen krisis yang terbagi menjadi tiga proses yaitu pre-crisis, crisis, dan post-crisis. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana proses keseluruhan yang dilakukan perusahaan ketika mengelola krisis dimulai dari analisis isu, pencegahan dan persiapan krisis, komunikasi respons krisis, evaluasi krisis, hingga tindakan setelah krisis terjadi khususnya di era digital ini. Penggambaran serta analisis dari manajemen krisis ini dapat dijadikan perusahaan sebagai referensi ketika sedang menghadapi krisis. Peneliti menggunakan metode studi kasus untuk menjelaskan bagaimana manajemen krisis di era digital digambarkan jelas dengan eksplorasi data sehingga dapat menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti. Peneliti melibatkan tiga orang narasumber yang kompeten dan memiliki pengetahuan mendalam mengenai topik dan kasus yang diangkat dalam penelitian ini. Dari sana ditemukan bahwa perusahaan yang dalam kasus ini perlu berhati-hati dan harus kreatif dalam melakukan manajemen krisis di era digital karena semua serba cepat. BukaLapak dalam menangani krisis memiliki cara yang unik, tegas, dan sesuai dengan target sehingga mampu meredam pemberitaan media dengan cepat. Media digital pun dimanfaatkan sedemikian rupa oleh BukaLapak sehingga dapat membantu proses manajemen krisis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Krisis, Digital, BukaLapak, Manajemen Krisis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:22
Last Modified: 10 Jan 2020 09:35
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item View Item