UMN Knowledge Center

Pengukuran Tata Kelola IT Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3 pada Gasindo Group

Lia Octavia Devi Ariska, Nurul (2019) Pengukuran Tata Kelola IT Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3 pada Gasindo Group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Gasindo Group khususnya pada bagian sistem enterprise resource planning atau biasa disingkat dengan ERP. Peneliti melakukan penelitian dengan mengukur layanan tata kelola IT menggunakan kerangka kerja ITIL V3.Departement Gasindo Group mengalami ketidaksesuaian data dalam melakukan controlling asset maupun kegiatan transaksi perdagangan (trading) dikarenakan kesalahan-kesalahan dalam registrasi penomoran tabung dari berbagai Departemen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja ITIL V3 pada domain Service Operation dengan 5 proses di dalamnya yaitu Incident Management, Request Fulfillment, Event Management, Access Management dan Problem Management. Dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga proses yaitu problem management, acces management dan event management. Pembatasan kuesioner yang dibagikan ini menyesuaikan dengan keadaan yang ada pada Gasindo Group. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu wawancara dan kuesioner. Penelitian dilakukan berdasarkan tahapan penelitian dari (Gallegos, 2008) yang terdiri 5 tahapan diantaranya perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan dan tindak lanjut. Sedangkan, untuk mengukur tingkat kematangan layanan teknologi dan informasi menggunakan model Maturity Level dengan syarat untuk level pada nilai dari tiap proses harus mencapai >85.5%. Hasil persentasi yang didapat dari problem management (71,1), acces management (74,3) dan event management berhenti di level 1.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: ERP , ITIL, Layanan, Tata Kelola IT, Service operation, Kuesioner
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:53
Last Modified: 05 Mar 2020 08:52
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item