Pengukuran Tata Kelola IT Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3 pada Gasindo Group

Ariska, Nurul Lia Octavia Devi (2019) Pengukuran Tata Kelola IT Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3 pada Gasindo Group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Gasindo Group khususnya pada bagian sistem enterprise resource planning atau biasa disingkat dengan ERP. Peneliti melakukan penelitian dengan mengukur layanan tata kelola IT menggunakan kerangka kerja ITIL V3.Departement Gasindo Group mengalami ketidaksesuaian data dalam melakukan controlling asset maupun kegiatan transaksi perdagangan (trading) dikarenakan kesalahan-kesalahan dalam registrasi penomoran tabung dari berbagai Departemen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja ITIL V3 pada domain Service Operation dengan 5 proses di dalamnya yaitu Incident Management, Request Fulfillment, Event Management, Access Management dan Problem Management. Dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga proses yaitu problem management, acces management dan event management. Pembatasan kuesioner yang dibagikan ini menyesuaikan dengan keadaan yang ada pada Gasindo Group. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu wawancara dan kuesioner. Penelitian dilakukan berdasarkan tahapan penelitian dari (Gallegos, 2008) yang terdiri 5 tahapan diantaranya perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan dan tindak lanjut. Sedangkan, untuk mengukur tingkat kematangan layanan teknologi dan informasi menggunakan model Maturity Level dengan syarat untuk level pada nilai dari tiap proses harus mencapai >85.5%. Hasil persentasi yang didapat dari problem management (71,1), acces management (74,3) dan event management berhenti di level 1.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ERP , ITIL, Layanan, Tata Kelola IT, Service operation, Kuesioner
Subjects: 500 Science and Mathematic > 500 Science > 506 Organizations and Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:53
Last Modified: 06 Jul 2023 06:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item