UMN Knowledge Center

Pengaruh Perceives Ease of Use, Perceived Usefulness, Compatibility, Subjective Norm, Perceived Risk, Perceived Trust dan Perceives Cost terhadap Behavioral Intention Telaah pada Gopay QR Code Indonesia

Christofer, Richard (2019) Pengaruh Perceives Ease of Use, Perceived Usefulness, Compatibility, Subjective Norm, Perceived Risk, Perceived Trust dan Perceives Cost terhadap Behavioral Intention Telaah pada Gopay QR Code Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (44MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (75MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan aktifitas penggunaan smartphone saat ini terus meningkat. Data dari We Are Social 2015 menyebutkan bahwa salah satu aktifitas cukup sering pada smarthpnone yaitu untuk keperluan mobile banking. Proses transaksi pembayaran melalui smartphone secara online yang mudah membuat layanan tersebut menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan dalam melakukan pembayaran secara online. Trend pembayaran pada smartphone secara online atau m-payment membuka peluang bagi startup dan menggunakannya sebagai model bisnis mobile payment dengan sistem Quick Respond Code (QR Code), salah satunya adalah Gojek dengan m-payment Gopay. Namun fitur layanan tersebut mengalami kasus yang membuat keresahan yang dirasakan konsumen dikarenakan sejumlah saldo yang hilang. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi untuk menggunakan Gopay serta penetrasi jumlah user Gopay jika sudah tidak ada lagi promo. Peneliti menerapkan terori dari thecnology acceptance model (TAM) dengan variabel perceived ease of use dan perceived usefulness serta compatibility, subjective norm, perceived risk, perceived trust, perceived cost terhadap behavioral intention. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan delapan hipotesis yang telah diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 165 responden, dengan screening berupa orang yang mengetahui sistem pemabayran Gopay QRCode, pernah menggunakannya, dan saat ini menggunakan Gopay QRCode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara perceived ease of use dengan perceived usefulness. Serta terdapat hubungan positif antara perceived usefulness, perceived ease of use, compitability, subjective norm, perceived trust dengan behavioral intention. Namun terdapat hubungan yang tidak mendukung hipotesis yaitu antara perceived risk dan perceived cost dengan behavioral intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mobile payment, perceived ease of use, perceived usefulness, compitability, subjective norm, perceived trust, perceived risk, perceived cost, dan behavioral intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:33
Last Modified: 07 Jan 2020 08:26
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item