UMN Knowledge Center

Rancang bangun aplikasi rekomendasi video game PC menggunakan metode analytical hierarchy process dan topsis berbasis web

Sutrisno, Ferdinandus Denny (2016) Rancang bangun aplikasi rekomendasi video game PC menggunakan metode analytical hierarchy process dan topsis berbasis web. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (700kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (710kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini video game sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, tidak hanya anak – anak yang memainkannya bahkan banyak orang dewasa yang memainkannya. Game yang semulanya memiliki fungsi untuk menghibur, sekarang disalahgunakan untuk mencari profit sebanyak – banyaknya sehingga tidak mempedulikan kesesuaian usia user dengan rating dalam game tersebut. Banyak kejadian yang membuktikan bahwa game membuat kecenderungan anak – anak mengenal kekerasan dan pornografi. Karena hal tersebut, aplikasi rekomendasi yang berdasarkan rating sangat diperlukan untuk mengatasi atau mengurangi ketidaksesuaian usia user dengan rating dari game. Penelitian ini memiliki fokus untuk membuat aplikasi sistem rekomendasi yang mampu memberikan saran game yang disesuaikan dengan usia serta genre yang diinginkan oleh user dengan menggabungkan metode Analytical Hierarchy Process dan TOPSIS yang berdasarkan penilaian dari para pakar. Metode Analytical Hierarchy Process dikenal sebagai metode pembobotan yang baik karena kemudahan dan pemberian bobotnya kepada setiap kriteria, sedangkan TOPSIS memiliki kemampuan sebagai perangkingan alternatif terbaik karena tidak hanya beberapa data, tapi semua data dapat langsung diranking. Dari hasil pengujian metode yang dilakukan memberikan hasil bahwa game yang direkomendasikan sesuai dengan yang pengguna inginkan. Hasil survei mengenai aplikasi ini memberikan hasil 80,66% dari pengguna sudah puas dengan hasil yang diberikan sesuai dengan yang diinginkan. Kata kunci : Sistem Rekomendasi, AHP, TOPSIS, Website, DSS

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements > GV1221-1469.63 Indoor games and amusements > GV1469.15-1469.62 Computer games. Video games. Fantasy games
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:40
Last Modified: 04 Oct 2017 10:14
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item