UMN Knowledge Center

Konstruksi pelecehan seksual anak di jakarta international school dalam pemberitaan media televisi

Lesmana, Geanca Laela (2015) Konstruksi pelecehan seksual anak di jakarta international school dalam pemberitaan media televisi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (879kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (900kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (962kB) | Preview

Abstract

Berger dan Luckmann mengemukakan sebuah pemikiran bahwa manusia membentuk realitas berdasarkan pengalaman hidupnya. Yang kemudian pemikiran tersebut dikembangkan lagi oleh Burhan Bungin agar pemikiran tersebut dapat relevan dengan perubahan zaman. Menurutnya, salah satu faktor terbentuknya realitas adalah media massa. Salah satu media massa yang paling memiliki kelebihan adalah televisi yang mengandalkan audio dan visual. Bila Burhan Bungin mencoba melihat bagaimana suatu realitas sosial media massa dapat terbentuk melalui iklan, maka peneliti mencoba meneliti bagaimana suatu realitas sosial media massa dapat terbentuk melalui berita televisi. Metro TV merupakan salah satu pionir TV berita di Indonesia. Maka dari itu peneliti mencoba meneliti program berita di Metro TV. Adanya isu pelecehan seksual anak di sekolah yang meresahkan karena gencarnya pemberitaan seputar isu tersebut di media massa. Sehingga menimbulkan suatu pertanyaan ―bagaimana konstruksi berita pelecehan seksual anak di Jakarta International School dalam media televisi?‖. Jenis penelitian ini deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif. peneliti mencoba menganalisisnya menggunakan analisis framing. Karena analisis framing merupakan analisis yang mencoba melihat bagaimana suatu realitas dapat dikonstruksi suatu media massa. peneliti menggunakan analisis framing Pan dan Kosicki. Analisis framing Pan dan Kosicki diteliti menggunakan 4 aspek yaitu: sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Sehingga akan dapat didapatkan jawaban bagaimana konstruksi berita pelecehan seksual anak di Jakarta International School dalam media televisi. Secara keseluruhan, hasil analisis peneliti menemukan frame yang dibentuk atau konstruksi realitas yang dibentuk oleh Metro TV adalah Keberpihakan kepada pihak korban dan menyudutkan pihak JIS dengan penggambaran: (1) Pelecehan seksual terhadap seorang murid Jakarta International School di sekolahnya oleh sejumlah oknum cleaning service (2) Hal ini merupakan akibat dari kelalaian JIS dalam menjaga keamanan muridnya (3) Jakarta International School tidak kooperatif dalam menangani dan menyikapi kasus tersebut

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting > PN1992-1992.92 Television broadcasts
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 30 May 2017 05:08
Last Modified: 27 Sep 2017 07:33
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item