UMN Knowledge Center

Rancang Bangun LINE Chatbot Layanan Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Menggunakan Algoritma Boyer Moore (Studi Kasus: Winner Education)

Sudono, Hermawan (2020) Rancang Bangun LINE Chatbot Layanan Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Menggunakan Algoritma Boyer Moore (Studi Kasus: Winner Education). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal terus mengalami peningkatan oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menyampaikan/sebagai layanan informasi tentang lembaga yang menyediakan layanan pendidikan nonformal. Winner Education sebagai salah satu lembaga bimbingan belajar nonformal merasa perlu ada suatu aplikasi sebagai layanan informasi, yaitu salah satunya adalah aplikasi chatbot. Maka dibuatlah chatbot layanan informasi lembaga bimbingan belajar. Fitur utama dari aplikasi chatbot ini yaitu fitur pencarian kata kunci pada database. Pada fitur tersebut diterapkan String Matching untuk mencari kata kunci yang cocok sesuai masukan pengguna pada database. Adapun pada proses String Matching digunakan algoritma Boyer-Moore. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil Black Box Testing sebesar 100% yang mengindikasikan bahwa algoritma Boyer-Moore mampu mencocokkan kata kunci yang tepat. Aplikasi ini telah dievaluasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan mendapatkan hasil sebesar 81,3% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat mudah digunakan (perceived ease of use), 82,5% menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi dapat berguna (perceived usefulness), 75% menyatakan setuju bahwa aplikasi dapat digunakan dimasa yang akan datang (behavioral intention) dan 79,7% menyatakan setuju bahwa aplikasi nyaman digunakan (attitude towards use).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Boyer-Moore, Black Box Testing, Chatbot, TAM, Winner Education
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 11:45
Last Modified: 05 Dec 2020 11:45
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item