UMN Knowledge Center

Perancangan REST API Server untuk Aplikasi Mobile Snapin dengan Node.js dan Express pada KodeFox, Inc.

Indra Cahyadi, Daniel (2019) Perancangan REST API Server untuk Aplikasi Mobile Snapin dengan Node.js dan Express pada KodeFox, Inc. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem DominateMyJS sebagai media pembelajaran JavaScript HTML Document Object Model (DOM) menggunakan metode gamifikasi Octalysis, serta mengukur tingkat Behavioral Intention to Use dan immersion pengguna pada aplikasi. Keunggulannya adalah Octalysis memberikan struktur untuk menganalisis kekuatan yang mendorong motivasi manusia, disebut dengan Core Drives. Dengan menerapkan Core Drives pada aplikasi, dapat membuat pengguna termotivasi untuk menyelesaikan suatu tugas secara efisien melalui pengalaman yang interaktif. Aplikasi dibuat dengan memenuhi delapan Core Drives Octalysis Gamification dengan minimal satu kriteria pada setiap Core Drives. Pengujian aplikasi gamifikasi dilakukan terhadap sivitas akademika UMN dengan cara mengumpulkan feedback pengguna setelah menggunakan aplikasi DominateMyJS dan mengisi kuesioner yang didasarkan oleh Hedonic-Motivation System (HMSAM). Hasil evaluasi menyatakan penggguna sangat setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dapat meningkatkan penggunaan kembali aplikasi dengan persentase 80,13%, dan pengguna setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana dalam menggunakan aplikasi DominateMyJS dengan persentase 72,10%. Dipercaya bahwa gamifikasi dengan framework Octalysis dapat memotivasi pengguna dan membuat pengalaman yang menyenangkan dalam proses pembelajaran JavaScript HTML DOM.

Item Type: Thesis (Internship)
Uncontrolled Keywords: gamifikasi, HMSAM, octalysis, penggunaan kembali, terbawa suasana
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 08:42
Last Modified: 05 Dec 2020 08:42
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13353

Actions (login required)

View Item View Item