UMN Knowledge Center

Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak

Ayu, Putri (2020) Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Oleh : Putri Ayu Melihat banyaknya hoaks-hoaks kesehatan pada internet dan media sosial, PT Kalbe Farma Tbk., sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memedulikan kesehatan masyarakat, membentuk satu Divisi khusus, yaitu Kalbe Ethical Customer Care (KECC), yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat awam. Oleh karena itu, hal menarik untuk dikaji dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi yang dibuat oleh Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam memberikan edukasi kesehatan pada khalayak. Konsep-konsep yang digunakan adalah konsep customer care, perencanaan dan strategi komunikasi. Jenis penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara, yang dilakukan kepada lima orang narasumber yang terkait langsung dalam perencanaan strategi komunikasi KECC. Teknis analisis yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KECC menggunakan strategi proaktif, dengan taktik utama mengadakan seminar awam secara offline. Selain itu, KECC juga menggunakan buku, radio, televisi, dan media online sebagai saluran edukasi. Komunikator yang digunakan adalah dokter spesialis dengan pesan yang disesuaikan dengan tema bulanan atau merupakan hasil diskusi. Strategi pesan dan saluran ditentukan dengan mempertimbangkan faktor edukasi dan faktor non edukasi masyarakat, meskipun belum seluruh wilayah dilakukan pemetaan tersebut. Apabila ditinjau dari model KAP, strategi yang digunakan KECC ini mungkin dapat mencapai hasil perubahan perilaku yang diharapkan oleh KECC.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Kalbe Ethical Customer Care (KECC), Edukasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:36
Last Modified: 05 Dec 2020 05:36
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item